Total Tayangan Halaman

Rabu, 29 Februari 2012

PNPM Perkotaan Rekruitmen Tim Fasilitator Kelurahan di Bengkalis


Hanya 50 Pelamar Yang Akan Dinyatakan Lulus Seleksi


DURI – Berdasarkan jadwal yang telah disusun oleh Tim Panitia Seleksi Rekruitmen Tim Fasilitator Kelurahan direncanakan pada minggu pertama Maret 2012 ini akan dimulai ujian Tes Tertulis, FGD Kompetensi serta wawancara bagi para pelamar Fasilitator Kelurahan untuk Program Replikasi Mandiri PNPM Mandiri Perkotaan di Kecamatan Bengkalis Kabupaten Bengkalis.

Lamaran sebagai calon Faskel yang dimulai sejak tanggal 21-27 Februari 2012 lalu, Tim Panitia Seleksi telah menerima kurang lebih sekitar 150 orang pelamar. Baik yang dikirim melalui surat ataupun via e-mail panitia. Setelah diperiksa kelengkapan administrasi dan persyaratan, hanya sekitar 50 orang pelamar yang layak atau memenuhi syarat sehingga dinyatakan lulus seleksi administrasi. Rabu, (1/3) nama-nama tersebut akan diumumkan untuk mengikuti tahapan seleksi berikutnya.

Nila Kesuma, ST Selaku Ketua Panitia Seleksi yang juga merupakan Kasatker Pembangunan Infrastruktur Permukiman (PIP) Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Kabupaten Bengkalis yang membawahi Program PNPM Perkotaan di Kabupaten Bengkalis kepada menuliscerita, Rabu (29/02) menyatakan sangat menyambut baik dengan besarnya minat yang telah diberikan oleh para pelamar.

Ditekankan kembali oleh Nila Kesuma, ST bahwasanya untuk Program Replikasi Mandiri PNPM Mandiri Perkotaan yang akan dilaksanakan pada Tahun Anggaran 2012 ini, wilayah pendampingan terletak di Kecamatan Bengkalis. Yang mencakup 20 desa/kelurahan yang ada. Sehingga total pendampingan PNPM Perkotaan untuk Kabupaten Bengkalis meliputi 2 Kecamatan dan 35 desa/kelurahan.

“Untuk Kecamatan Mandau sendiri, lanjutnya telah lebih dahulu didampingi PNPM Perkotaan yaitu dimulai sejak April 2009. Sedangkan untuk Kecamatan Bengkalis sesuai rencana mobilisasi Fasilitator dan sosialisasi awal Program Replikasi ini akan dimulai pada Maret 2012,”kata Nila kepada menuliscerita, Rabu (29/02) lalu.

Terkait dengan tujuan awal Program Replikasi PNPM Perkotaan yang baru berdiri di Kecamatan Bengkalis, Nila Kesuma, ST menjelaskan bahwa program ini merupakan wujud nyata dan kontribusi dari Pemerintah Kabupaten Bengkalis terhadap penanggulangan kemiskinan yang berbasis pada pemberdayaan masyarakat.

 “Karena saat ini Pemerintah Kabupaten Bengkalis tidak lagi menganggap bahwa masyarakat itu sebagai objek pembangunan, akan tetapi pemerintah daerah akan selalu mengajak dan bersama-sama dengan masyarakat sebagai pelaku pembangunan dalam rangka mengentaskan kemiskinan di Kabupaten Bengkalis,”paparnya.

Lebih lanjut dijelaskan Nila Kesuma, ST bahwa Program Replikasi ini sebagai perluasan dari program PNPM Reguler yang ada di Kecamatan Mandau. Karena menurut  Nila ketika mengunjungi para Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) yang merupakan motor penggerak dari PNPM yang berada di desa/kelurahan serta para Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) yang merupakan penerima manfaat langsung dari PNPM Perkotaan merasakan dampak  yang besar dengan adanya PNPM Perkotaan.

Sehingga selama ini nilai-nilai kegotongroyongan yang sudah mulai hilang dan luntur ditengah-tengah masyarakat sudah mulai berangsur-angsur pulih kembali. Serta saat ini masyarakat diajak langsung untuk membangun daerahnya bukan lagi sebagai penonton sehingga rasa memiliki terhadap pembangunan itu betul-betul dijaga melalui perawatan-perawatan sarana yang mereka bangun sendiri. “Dan yang terpenting mutu yang dihasilkan tidak kalah bersaing dengan hasil yang dikerjakan oleh para kontraktor. Serta harga bangunan fisiknya pun jauh lebih murah,” tutup Nila.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar